Dema IAIN Parepare Membangun Tanggung Jawab Sosial Melalui LKPKM 2018

 

PAREPARE, PIJARNEWS.COM-– Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Kembali menggelar Latihan Kepemimpinan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa (LKPKM) 2018. Mengangkat tema Membangun Jiwa Integritas, Totalitas dan Loyalitas Mahasiswa yang Sadar Akan Tanggung Jawab Sosial berlangsung ramai di Auditorium IAIN Parepare, Kamis 18 Oktober 2018.

Kegiatan tersebut merupakan program tahunan untuk melatih mental, pemahaman serta menjadi syarat para mahasiswa baru sebelum bergabung dalam organisasi kemahasiswaan internal kampus.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 850 peserta yang didominasi oleh mahasiwa baru. Kegiatan itu akan berlangsung hingga 21 Oktober mendatang.

Ketua Panitia LKPKM 2018, Aco Budi menyatakan, acara ini bertujuan untuk menyadarkan mahasiswa baru agar tetap menumbuhkan rasa kepedulian sosial.

“Melihat sekarang kepekaan sosial dari generasi ke generasi khususnya mahasiswa baru sudah mulai berkurang terhadap masyarakat luar, jadi kami mencoba memulai dengan kegiatan ini untuk menumbuhkan hal tersebut,” jelas Aco Budi.

Aco mengatakan, yang paling dibangun melalui kegiatan ini adalah mental dan karakter dari peserta sehingga setelah kegiatan semoga para peserta kepekaan sosialnya mulai tumbuh dan mereka diharapkan berlomba-lomba untuk ikut dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan kampus untuk berproses.

Muhammad Arafah, selaku Presiden Mahasiswa IAIN Parepare sangat mengapresiasi peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut. Karena merupakan awal untuk membangun kepemimpinan mereka.

“Kepemimpinan tidak bisa akan sampai ketika para mahasiswa baru tidak mampu mengenali dirinya sebagai seorang mahasiswa, terlebih mengetahui tentang organisasi, karena akan sampai saatnya nanti mereka menjadi generasi pemimpin di kampus, kami tanamkan melalui kegiatan ini,” ungkap Mantan Ketua HMJ Syariah dan Ekonomi Islam itu.

Ia menjelaskan, diantara persoalan integritas, totalitas dan loyalitas itu dititikberatkan pada tanggung jawab sosial karena merujuk kepada mahasiswa sebagai agen of change, social of control dan minimal mereka paham tugasnya sebagai mahasiswa.

“Kepada para peserta, sukseskan hari-harimu melalui kegiatan ini untuk mendapatkan kesuksesan di hari esok. Rugilah kalian masuk ke LKPKM ketika tidak dilanjutkan ke organisasi,” imbaunya. (*)

Reporter: Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News