Forum Pengembang Ajatappareng

Conference dengan Wagub, Bupati Enrekang Memuji Cara Warganya Cegah Covid-19

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Bupati Enrekang Muslimin Bando (MB) melaporkan sejumlah langkah dan perkembangan penanganan Covid-19 kepada wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman via video conference, Jumat (3/4/2020).

Dalam kesempatan itu MB memuji a
kesigapan warga dan aparat desa di daerahnya dalam mencegah penyebaran covid-19.

Pujian orang nomor satu di Bumi Massenrempulu ini bukan tanpa alasan. Dalam waktu singkat, setidaknya terbangun 400 posko siaga yang didirikan di desa-desa.

Seluruh aparat desa, warga, babinsa dan bhabinkamtibmas bergerak melakukan penyemprotan disinfektan serentak hingga mencapai 95 persen coverage area.

Bahkan beberapa desa menggunakan ADD-nya untuk melatih warga membuat antiseptik alami dan jamu atau panganan tinggi gizi guna menangkal covid-19. Pelatihan juga diberikan oleh pendamping desa dan tenaga ahli.

Hampir semua pintu akses masuk desa juga dijaga secara bergilir. Gunanya untuk mendeteksi warga yang baru datang, screening dan disemprot disinfektan.

“Bahkan tadi saya mengunjungi salah satu desa untuk melayat, saya sampai enam kali disemprot baru sampai di tujuan,” beber MB.

Guna memaksimalkan pencegahan covid-19, MB kembali menginstruksikan penyemprotan disinfektan pekan depan. Dia meminta penyemprotan kali ini lebih efektif lagi dengan menyasar rumah warga, tempat umum, dan barang yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja, kursi dan sebagainya. Tak lupa MB mengingatkan agar penyemprotan tidak mengenai selaput lendir manusia, sebagaimana petunjuk BNPB.

Pihaknya juga telah memesan
500 alat rapid test, mengoptimalkan 3 posko perbatasan dan 1 posko utama. Secara khusus ia menginstruksikan para kades agar memperketat pengawasan bagi orang yang baru datang dari luar daerah. Mereka harus melapor ke posko untuk di-sterilisasi, screening suhu tubuh, dan menjalani isolasi mandiri setidaknya 14 hari.

Reporter : Armin

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News