Cerita dan Tips Dokter Fausiah Tangani Pasien Covid-19 Hingga Sembuh di Pinrang

Fauziah
drg Fausiah F

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum usai. Berbagai kebijakan pemerintah dilakukan untuk memutus mata rantai penularan. Selain menggunakan masker, masyarakat juga diminta untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak. Tak hanya itu, diperlukan juga perilaku hidup sehat.

drg Hj Fausiah F Junaedi, M.Kes yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Pinrang berbagi pengalaman dan tips untuk melawan Covid-19.

Menurut Fausiah, berdasarkan pengalamannya saat menangani pasien positif covid-19, ada beberapa hal yang dia pelajari agar cepat sembuh dan sehat kembali. Diantaranya, mengkonsumsi makanan yang bergizi, rajin berjemur pada pagi hari, sering olah raga dan aktifitas lainnya. Jauhkan diri dari stres, istirahat yang cukup, kebersihan diri dan seluruh ruangan yang ada khusunya bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri.

“Ada dua yang kami bandingkan selama ini. Pasien pertama, betul-betul taat dengan aturan yang telah disepakati, melakukan isolasi sendiri. Rajin cuci pakaian dan tempat tidurnya setiap pagi dan sore, rajin berjemur, berolah raga dengan membersihkan rumah, ngepel dan menyapu seluruh ruangan dengan desinfektan, dan dari aktivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa pasien tersebut menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan,” ujarnya.

Fausiah yang juga Ketua Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19 Pinrang melanjutkan, untuk pasien yang lama proses kesembuhannya, tidak menjalankan protokol kesehatan yang benar dan tidak menaati kesepakatan, pasien itu dalam pengamatannya, tidak berjemur, ruangannya pengap dan jarang disemprot desinfektan. Kebersihan ruangan dan halaman kurang, masih selalu berinteraksi dengan keluarga dan pakaiannya tidak dicuci tiap pagi dan sore.

“Otomatis dari aktivitas itu menunjukkan bahwa pasien tersebut jarang cuci tangan. Padahal kunci utama agar terhindar dan agar proses kesembuhannya cepat, yaitu dengan rajin cuci tangan pakai sabun,” ungkapnya.

Karena itu, Fausiah, memohon kepada seluruh warga untuk menaati semua aturan. “Ini demi kemaslahatan kita semua. Semoga Kabupaten Pinrang cepat terbebas dari pandemi Covid 19,” harap Fausiah. 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News