Cegah Kebakaran di Rumah Anda, Berikut Tips dari Damkar Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kebakaran semakin rawan terjadi selama musim kemarau. Namun jangan khawatir, dengan kewaspadaan dan cara-cara yang tepat, potensi kebakaran bisa dicegah.

Sekretris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Aswadi Talib menghimbau warga agar tidak membakar sampah disembarang tempat. Hal itu bisa menjadi pemicu kebakaran dengan cepat.

“Apa lagi dengan kondisi cuaca yang memang sedang panas. Ditambah angin kencang,” kata Aswadi, Senin 11/9.

Untuk mencegah kebakaran pada rumah, Aswadi juga menghimbau warga agar rutin mengecek instalasi listrik. Dari jumlah kebakaran sebanyak 22 rumah, penyebabnya didominasi oleh hubungan pendek arus listrik.

“Sebaiknya berkordinasi dengan pihak PLN agar lebih aman,” jelas mantan kabag humas Pemkot Parepare itu.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga telah memprogramkan sosialisasi di empat kecamatan untuk memberikan peyuluhan dan cara-cara memadamkan api.

“Kami akan beri praktek langsung ke warga, bagaimana caranya memadamkan api sebelum api itu membesar. Juga, kedepan kita akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak, agar sejak dini mereka diberi pemahaman tentang bahaya kebakaran” tutup Aswadi. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News