Forum Pengembang Ajatappareng

Cegah Covid-19, IAIN Parepare Terapkan Absensi dan Realisasi Kinerja Online

PAREPARE, PIJARNEWS.COM –– Di Masa Pagebluk (Baca: Pandemi) Covid-19, IAIN Parepare terus berinovasi dalam bidang teknologi informasi.

Kali ini, Tim TPID IAIN Parepare mengembangkan aplikasi absensi dan kinerja online. Aplikasi ini sudah hampir satu bulan diberlakukan dan terintegrasi dengan sistem informasi kampus.

Respon tenaga pendidik dan pegawai cukup baik terhadap pemberlakuan absensi online ini.

Inovasi yang dilakukan IAIN Parepare untuk meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) meski berada di masa pandemi Covid-19.

Apalagi sudah hampir dua bulan lebih dosen dan pegawai IAIN Parepare memberlakukan work from home alias bekerja dari rumah. Tentunya dengan mekanisme administrasi kinerja yang terukur.

Kepala Biro IAIN Parepare Hj Musyarrafah Amin mengatakan, aplikasi ini lebih efektif dan efisien.
“Aplikasi absensi online ini mendukung kebijakan pemerintah dalam penganggaran, dimana saat ini terjadi pemangkasan anggaran secara besar-besaran,” kata Musyarrafah.

Selain itu lanjut Musyarrafah, penggunaan aplikasi absensi online ini sebagai langkah antisipasi  untuk memutus mata rantai Covid-19. Apalagi situasi seperti ini tidak pernah diprediksi sebelumnya.

“Saat ini kita berada dalam kondisi emergency akibat pandemi corona. Dengan situasi kerja pegawai yang berubah sehingga sistem administrasi pegawai khususnya di IAIN Parepare harus kita cari solusi tepat. Ini untuk menjaga sistem administrasi kita, sehingga hasil diskusi dengan bagian TIPD IAIN Parepare, maka mulailah dikembangkan aplikasi sistem informasi manajemen (SIM). Termasuk absensi berbasis online,” jelas Musyarrafah seperti dikutip dari iainpare.ac.id

Lebih lanjut Musyarrafah Amin merinci beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan pengembangan SIM. Yang pertama, efektif dimasa sekarang dalam penertiban administrasi pegawai khususnya kehadiran dan kinerja, sebab aplikasi ini akan mudah diisi dan langsung terintegrasi. Kedua, akurasi data dan kinerja pegawai dengan kemudahan kita dalam melakukan kontrol dan kondisi pegawai, dan ketiga adalah efisiensi karena tidak menggunakan kertas serta lebih produktif terhadap capaian kinerja.

“Jadi, inilah yang akan kita terapkan untuk antisipasi masa pandemi sekarang ini. Jadi semua pegawai IAIN Parepare harus menguasai teknik penggunaannya karena bisa saja sistem ini tetap kita lanjutkan saat kondisi sudah pulih ketika dalam evaluasinya ke depan dinilai produktif,” papar Musyarrafah.

Kepala TIPD IAIN Parepare, Sufialdy   menjelaskan, absensi Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian terintegrasi dengan http://sisfo.iainpare.ac.id .

Sufialdy sebagai ketua tim memaparkan bahwa, tujuannya adalah akurasi data absensi online guna mendata kehadiran dan realisasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan di lingkup IAIN Parepare. Bedanya, data aplikasi ini sudah terintegrasi dengan SIM Kepegawaian, SIM Akademik, SIM Keuangan, SIM Jaminan mutu dan SIM lain yang sementara dikembangkan bersama Tim TIPD dan Sevima.

“Jadi ini akan memudahkan sistem informasi kita, karena siapapun yang membutuhkan data, maka sangat mudah mengaksesnya,” kata Sufialdy. (*)

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News