Cegah Corona, Mahasiswa Biologi UM Parepare Ciptakan Hand Sanitizer dari Bahan Terjangkau

Cegah Corona, Mahasiswa Biologi UM Parepare Ciptakan Hand Sanitizer dari Bahan Terjangkau

PAREPARE, PIJARNEWS.COM –Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare membuat Hand Sanitizer di Laboratorium Prodi Pendidikan Biologi. Itu dilakukan menyusul sulitnya mendapatkan hand sanitizer di pasaran untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah seorang Dosen Dr Nur Ismirawati, M.Pd yang mendampingi mahasiswa, mengatakan, bahan-bahan pembuatan Hand Sanitizer mudah diperoleh yakni Alkohol, Aloevera dan Jeruk Nipis.

Ismi sapaan akrab Nur Ismirawati menerangkan, Hand Sanitizer yang mereka buat masih terbatas, dan dipergunakan untuk kalangan sendiri. Rencananya akan dibagi-bagi ke kalangan internal UM Parepare.

Namun, harapnya, produk tersebut nantinya dapat dibuat secara massal kemudian dibagi-bagi kepada masyarakat. Tapi imbau Ismi, bagi masyarakat yang belum bisa mendapatkan Hand Sanitizer di pasaran, juga dapat membuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan seperti yang digunakan para mahasiswa.

“Hand Sanitizer buatan mahasiswa UM Parepare diharap menjadi salah satu langkah pencegahan virus Corona. Sebab penularan yang paling mudah adalah melalui tangan yang terinfeksi yang kemudian menyentuh, mulut, hidung, atau mata,” kata Ismi.

Pembuatan hand sanitizer itu, sambung Ismi, juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan hand sanitizer yang dijual di beberapa toko.

Pembuatannya, beber Ismi, juga dikemas dalam bentuk video tutorial guna memberikan informasi dan pelajaran bagi masyarakat tentang pembuatan hand sanitizer.

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News