Cegah Banjir Susulan,  Bappeda dan DLH Parepare Bakal Normalisasi Aliran Sungai dan Selokan

(Ir H Syamsuddin Taha M.Si, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parepare)

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Untuk meminimalkan banjir susulan di masa mendatang, Pemerintah Kota melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare bakal menormalisasi sejumlah aliran sungai dan selokan.

Kepala Bappeda Parepare, Ir H Syamsuddin Taha, M.Si mengatakan, pemerintah telah mengusulkan anggaran untuk perbaikan sungai yang airnya sering meluap akibat hujan deras.

Selain itu, Syamsuddin juga menyampaikan rencana pembangunan baru jembatan Jawi-jawi. Sebab jembatan yang sudah puluhan tahun tersebut kondisinya sudah tidak layak lagi digunakan. Selain sempit, lanjut Syamsuddin, di salah satu bagian jembatan sudah turun. “Sehingga sudah perlu dibangun ulang jembatan baru,” ujar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Parepare ini.

Sekadar diketahui, Gubernur Sulsel, Prof Dr HM Nurdin Abdullah dan Dr HM Taufan Pawe MH telah mengunjungi sungai dan jembatan Jawi-jawi pasca banjir hebat, akhir pekan lalu.

Gubernur berjanji akan bersinergi dengan Pemkot Parepare untuk membangun infrastruktur mengantisipasi banjir di masa mendatang. “Kami akan bersinergi dengan Pemkot Parepare. Konsepnya sudah ada, sisa aksi dan tindaklanjutnya,” kata mantan Bupati Bantaeng Dua Periode tersebut.
  Guna mengantisipasi banjir di musim hujan mendatang, Syamsuddin Taha yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengimbau  masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Jika tak mampu membersihkan, janganlah mengotori. Jangan pula membuang sampah di selokan dan sungai. Sebab sungai bukan tempat sampah,” imbau Syamsuddin Taha.

Saat ini, lanjut Syamsuddin, pemerintah juga akan berupaya melakukan reboisasi dan penanaman pohon di sejumlah lahan yang tandus. (*)

Reporter : Alfiansyah Anwar
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda