Campus Literacy Campaign, Kampanye Mencintai Literasi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) menggelar Campus Literacy Campaign. Kegiatan ini berlangsung 26-27 Februari 2018 di Kampus UMPAR.  Campus Literasi Campaign atau kampanye literasi kampus adalah program untuk meningkatkan minat baca bagi civitas akademika.

“Alasan pelaksanaan kegiatan ini karena melihat kondisi mahasiswa hari ini yang semakin apatis bahkan cenderung hedonis dan tidak peduli lagi dengan hal yang berbau literasi. Seakan mahasiswa lupa dengan identitasnya,” jelas Hasrun Presiden Mahasiswa BEM UMPAR.

“Kebanyakan mahasiswa tidak peduli untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan baik melalui membaca, berdiskusi dan lain-lain. Setidaknya ini menjadi pemantik dan kampanye bagi masyarakat kampus untuk lebih mencintai literasi,” tambahnya.

Pengertian literasi sendiri menurut Education Development Center (EDC) adalah literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya.

Sedangkan menurut UNESCO, pemahaman orang tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan juga pengalaman. Pemahaman yang paling umum dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata – khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis – yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya. (ibl)

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda