Bupati Barru Tudang Sipulung Bahas Peningkatan Air Minum dan Sanitasi

BARRU, PIJARNEWS.COM–Lima kelurahan di Kabupaten Barru, masing-masing Kelurahan Mangkoso, Kelurahan Kiru-kiru, Kelurahan Mengempang, Kelurahan Lalolang dan Kelurahan Tanete memperoleh program pendampingan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman bagi masyarakat. Kelima kelurahan tersebut juga telah dimonev oleh Tim USAID IUWAS PLUS.

Terkait hal itu, Bupati Barru H Suardi Saleh membuka Tudang Sipulung membahas rekap data dan hasil monitoring peningkatan akses air minum dan sanitasi aman pada lima Kelurahan tersebut, melalui video confrens (Vidcon) di Ruang Basic, Selasa (9/2/2021).

Vidcon itu di ikuti pemangku kebijakan dan perwakilan masyarakat dengan tujuan memperoleh solusi dalam upaya peningkatan air minum dan sanitasi aman untuk masyarakat Kabupaten Barru.

Disela-sela kegiatan virtual itu juga dilakukan pemutaran video visual kegiatan yang selama ini dilaksanakan.

Dalam kegiatan itu Bupati Barru H.Suardi Saleh sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan monev yang telah masuk siklus ke empat. Bupati menyebut meski kondisi masih dalam Pandemi namun tim mampu melakukan inovasi dari setiap permasalahan yang ada.

Suardi Saleh yang juga Ketua DPD Nasdem Kabupaten Barru menjelaskan akses terhadap air minum dan tersedianya sanitasi layak untuk masyarakat menjadi salah satu urusan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun pemerintah Daerah, hal itu berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal.

Suardi Saleh juga menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Barru, Tim USAID IUWAS, Tim Pokja PPAS dan mitra lainnya yang telah bekerjasama baik sehingga pencapaian air minum dan sanitasi aman dapat terlaksana di Kabupaten Barru

“Saya juga selaku pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan terima kasih,”ucap Bupati Barru Suardi Saleh dihadapan peserta virtual tersebut.

Sementara itu DCOP USAID IUWAS PLUS Alifah Lestari mengatakan, Program Urban Water, Sanitation Hygiene atau Air bersih dan Sanitasi aman merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan akses air minum dan sanitasi di Kabupaten Barru.

“terima kasih atas semua dukungannya baik dari Pemerintah maupun perwakilan masayarakat serta mitra sehingga acara ini dapat berlangsung sukses meski kita dalam kondisi masih dalam covid 19,” ujarnya.

Hadir dalam acara itu Sekretaris Daerah, Kepala Bapedda Barru, Kepala Dinas Kesehatan,Kepala Dinas Koprasi dan UMKM,Kepala DPKD, Kepala Dinas Kawasan dan Pemukinam, Direktur PDAM Barri, Ketua Baznas Barru, Koordinator Kotaku, Koordinator Passimas dan Regional Menejer USAID IUWAS.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News