Budayawan Parepare Sesalkan ‘Batu Makiki’e’ Minim Perhatian Pemerintah

budayawan

PAREPARE,PIJARNEWS.COM — Hadirnya cagar budaya di suatu daerah, tentu menjadi salah satu media untuk mengenal sejarah. Di setiap cagar budaya, terdapat kisah yang menjadi daya tarik bagi banyak orang. Seperti halnya keberadaan situs budaya ‘Batu Makiki’e’ atau batu meringkik yang ada di Watang Bacukiki, Kota Parepare, yang dianggap tidak terlalu mendapat perhatian.

Padahal Batu Makiki’e ini, adalah salah satu yang menjadi daya tarik wisata Kota Parepare. Batu tersebut dianggap keramat bagi penduduk sekitar dan menjadi simbol dari penamaan wilayah ini. Bacukiki berasal dari kosa kata Bugis ‘Batukiki’ yang bermakna batu meringkik, seperti layaknya suara kuda.

Hal inilah yang sangat disayangkan oleh Pallemui, salah seorang budayawan yang juga tokoh masyarakat Bacukiki, saat ditemui Pijar, di sela-sela kegiatan Festival Mallipa yang digelar oleh Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (DOPP) Kota Parepare, Sabtu (17/3/2018).

Menurut Pallemui, seharusnya pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap situs-situs tua yang menjadi cagar budaya, khususnya di wilayah Bacukiki, Kota Parepare. Seperti halnya ‘Batu Makikie’.

Baca juga:
Video Pijar Channel : Bupati Barru Buka Kejuaraan Balap Motor Bupati Cup Barru

“Kami sangat menyesalkan minimnya perhatian terhadap cagar budaya kita. Baru diperhatikan jika ada kegiatan seperti ini. Jadi boleh saya katakan kalau Festival ini, hanya sekadar menggugurkan kewajiban saja,” sesalnya.

Selain itu, sambung Pallemui, pemerintah boleh membangun tempat wisata baru, akan tetapi, jangan sampai melupakan kearifan lokal yang ada di Parepare, dia juga menginginkan adanya campur tangan pihak ketiga, agar destinasi wisata yang ada di Parepare ini bisa menarik sejumlah wisatawan, baik lokal, maupun mancanegara

Sekadar dikethui, Festival Mallipa tahun 2018 ini, adalah kali ke empat digelar di Watang Bacukiki, acara kali ini, dibuka langsung oleh Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Parepare, Luthfi Nasir, yang juga turut dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel, Kepala Dinas DOPP Parepare, Dandim 1405 Mallusetasi, Camat Bacukiki, dan para tamu undangan lainnya. (amr/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda