Body Pesawat Rampung, Haerul Kini Menanti Janji Mesin dari Gubernur

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Proses perakitan body pesawat pengembangan ultralight milik Haerul kini telah rampung. Perakitan tersebut dibantu Tim Gabungan Teknik Unhas bersama Federasi Airo Sport Indonesia (Fasi) Sulsel.

Pesawat pengembangan Ultralight yang telah tiba di Kelurahan Palammeang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang itu dalam tahap finising.

“Untuk body pesawat terbuat dari baja dan besi serta dibungkus Fiber Silicone. Sedangkan untuk sayap berbahan dasar aluminium,” ungkap Prof DR Ir H Nasaruddin Salam, M.T pendamping pengembangan pesawat Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar.

Ditanya terkait kelaikan terbang, Prof Nasaruddin mengungkapkan pesawat buatan Haerul telah dilakukan uji laboratorium terhadap daya angkat dan daya hambat, sehingga ia berharap pembuatan pesawat cepat rampung dan bisa dilakukan uji terbang.

Kini pesawat Herul menunggu mesinnya. Saat pertama kali Haerul viral, Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah berjanji akan membantu pengadaan mesin pesawat tersebut.

“Kami akan menghubungi beliau (Gubernur, red) dan akan menyampaikan bahwa pesawat ini kita buat, yang memang sesuai standarisasi pesawat. Dimana dalam pembuatannya juga dibawa pengawasan Fasi,” pungkas Prof Nasaruddin.

Reporter : Fauzan Mahmud

Bagikan :