BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

cuaca-ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem (foto: int).

JAKARTA, PIJARNEWS.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem. Kondisi tersebut akan terjadi selama 3 hari. Untuk itu pihak BMKG mengelurakan peringatan dini agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG melalui keterangan tertulis menyatakan, adanya potensi cuaca ekstrem ini disebabkan munculnya siklon di perairan timur Filipina.

“Terdapat sirkulasi siklonik di perairan timur Filipina (level 925/850mb) dan Samudera Hindia barat daya Sumatera (level 925/900mb),” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, seperti yang dikutip di detik.com.

Peringatan dini BMKG soal potensi munculnya cuaca ekstrem di Indonesia dalam 2 hari ke depan. (Foto: Dok. BMKG).

Cuaca ekstrem ini diprediksi terjadi dari Senin (5/2) hingga Rabu (7/2). Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat adalah kawasan Sumatera bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian selatan, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi bagian selatan, dan Maluku.

Sementara itu, hujan deras disertai angin kencang berpotensi terjadi di di Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, NTB, Papua Barat, dan Papua bagian utara. (abd).

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda