Bisnis itu Berpikir Positif

Hamka Hasanuddin
Oleh : Hamka Hasanuddin, Owner CV Sinar Agung

OPINI — Banyak orang yang ingin membuka usaha tapi sulit untuk memulainya, padahal mereka punya modal, punya ilmu, punya relasi. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut yang berlebihan atau calculated risk (hitungan resiko), takut tidak sukses, maaf saya hindari kata takut GAGAL untuk tidak menyuplai ke otak hal yang negatif, tapi selalu dengan prasangka positif. Salah satu fundamental seorang pebisnis adalah memiliki mindset positif yang kuat untuk mencapai ekspektasi sukses, tentu dengan mental yang kuat untuk berani SUKSES bukan berani gagal.

Ketika kita sudah bisa memulai usaha, maka tidak hanya sekedar membuka usaha serampangan atau ikut-ikutan dengan orang lain, sering muncul dipikiran kita “dari pada tidak ada kerjaan, punya tempat yang kosong sayang kalau tidak dimanfaatkan.!!, mending kita buat usaha kecil-kecilan, pengisi waktu atau usaha sampingan.” Kalimat seperti ini sering diucap oleh pebisnis yang baru starting, ini adalah awal dari mindset yang lemah, dan sama saja kita berdoa kepada Allah, ya Allah berikan kami usaha kecil, pekerjaan kecil, profit dan income apa adanya, padahal Allah SWT itu maha kaya, jangan tanggung bercita-cita mintalah kepada Tuhan yang lebih banyak, lebih besar dan sukses, “ud uunii astajib lakum” mintalah kepada-Ku niscaya Aku akan kabulkan. Setiap pikiran adalah doa dan setiap doa dikabulkan oleh Allah, baik yang positif, maupun yang negatif. Sesuai dengan perkataan nabi dalam hadist qudsi : “inni inda dzonni abdii bii (sesungguhnya aku berikan berdasarkan prasangka hamba-Ku)”.

Setiap sesuatu pasti Allah berikan yang baik-baik, tapi karena energi positif kita kurang dan kalah dengan energi negatif akhirnya pikiran negatiflah yang menang. Jangan fokus pada masalah atau problem dalam usaha Anda, tapi sebaiknya fokus pada kekuatan kemampuan menyelesaikan masalah, jauh lebih efektif melahirkan ide dan strategi penyelesaian, ketimbang fokus pada masalah yang tak berujung, dengan energi negatif yang lebih dominan.

Salah satu rahasia untuk menjadi orang sukses adalah menguasai kekuatan pikiran, coba kita baca buku perjalanan hidup orang sukses baik dalam maupun luar negeri, semuanya memiliki karakter yang sama, yaitu menguasai kekuatan pikiran. Pikiran adalah sahabat terbaik yang memungkinkan pencapaian dari impian Anda. Nasib dan perjalanan hidup adalah proyeksi pikiran kita ke depan, kesalahan berpikir sangat berpengaruh terhadap pekerjaan dan bisnis yang kita jalankan. (*)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda