Berlakukan Kode Etik dalam Perkuliahan

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Rapat Dosen Tahun Akademik 2018/2019 kembali digelar oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare menjelang aktifnya perkuliahan yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna IAIN Parepare, Kamis, 13 September 2018.

Rapat tersebut dibuka Muhammad Djunaidi, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan yang dihadiri seluruh dosen serta para ketua dari berbagai jurusan. Diantaranya Bahtiar, Ketua Jurusan Tarbiyah dan Adab, Budiman, Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan Muhammad Saleh, Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi.

Pertemuan itu merupakan pertemuan yang rutin dilaksanakan sekali dalam setahun. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi serta membahas hal-hal yang terkait masalah-masalah yang ditemui dosen dalam aktivitas perkuliahan.

Selain itu para dosen juga diberi kesempatan mengajukan pertanyaan maupun saran pada sesi tanya jawab.

Rapat Dosen IAIN
Rapat Dosen IAIN Parepare.

Hamdanah Said, salah seorang dosen sekaligus penggagas kode etik IAIN Parepare memberi saran agar dalam proses perkuliahan kode etik tetap diberlakukan.

“Dosen diharapkan membaca pelanggaran ringan dengan sanksi ringan. Sebab, dosen mempunyai hak menjatuhkan sanksi ringan berupa teguran,” ungkapnya.

Tidak hanya Hamdanah Said, beberapa dosen pun turut mengajukan beberapa pertanyaan serta saran yang ditanggapi langsung oleh para ketua jurusan yang hadir.

Muhammad Djunaidi dalam memimpin rapat mengakui masih adanya kekurangan yang perlu diperbaiki ke depannya.

“Harus kita menyadari, memang pasti ada kekurangan. Namun, untuk menutupi kekurangan itu mari bersama-sama kita mencari solusi,” ajaknya.

Selain itu, Muhammad Djunaidi juga mengungkapkan dalam waktu dekat ini, IAIN Parepare akan memiliki beberapa fakultas.

“Pada saat kita berubah jadi Fakultas, di situ saatnya perlu banyak pertemuan agar kita memperoleh masukan dan mencari solusi terhadap permasalahan-permasahan yang dihadapi,” terangnya. (*)

Reporter : Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda