Beri Wadah Petani Berbagi Pengalaman, DPKPP Sidrap Gelar Rembug Tani

SIDRAP, PIJARNEWS.COM — Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sidrap menggelar rembug tani, Jumat (3/5/2019) di Aula SKPD Sidrap.

Kegiatan diikuti perwakilan petani dan penyuluh pendamping 9 daerah irigasi Proyek Pengembangan dan Pengelolaan Program Irigasi Terpadu (IPDMIP) Kabupaten Sidrap Tahun 2019.

Rembug dibuka Sekretaris DPKPP Sidrap, Asri didampingi Kabid Ketahanan Pangan, Samuel serta Koordinator Penyuluh, Andi Rauf.

“Kegiatan ini merupakan wadah para petani untuk berbagi pengalaman menghadapi hambatan dalam upaya peningkatan produksi,” jelas Asri. Asri berharap dari kegiatan tersebut didapatkan solusi dan inovasi dari petani.

Adapun topik yang dibahas dalam kegiatan tersebut di antaranya masalah penggunaan benih bermutu, waktu tanam tidak tepat, jarak tanam masih jarak tanam tegel, pupuk berimbang belum merata, hingga pengendalian hama yang tidak serempak hingga tidak memutus siklus hidup hama/penyakit.

Turut didiskusikan tata guna air yang belum optimal, kelembagaan petani yang belum berfungsi serta perlunya sekolah lapang yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, tampak para petani antusias menyampaikan pengalaman serta inovasi yang mereka terapkan untuk meningkatkan produksi pertanian. (rls/adv/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda