Begini Perjuangan Prodi Ilmu Hukum UM Parepare Raih Akreditasi B dari BAN-PT

Tim asesor BAN-PT saat melakukan kunjungan ke Fakultas Hukum UM Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM – Meski baru berdiri empat tahun lalu, namun Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare meraih akreditasi B. Hal tersebut ditandai dengan keluarnya surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 17 Juli 2019 lalu.  

Predikat yang diperoleh Program Studi Ilmu Hukum tersebut merupakan sejarah baru di UM Parepare, sebab prodi Ilmu Hukum ini baru terbentuk empat tahun lalu. Akreditasi B ini merupakan hasil kerja seluruh civitas akademik Fakultas Hukum.

Dekan Fakultas Hukum UM Parepare, Asram AT Jadda, S.Hi, M.Hum mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja keras dari seluruh civitas akademik. “Kami kompak melakukan persiapan untuk akreditasi ini selama berbulan-bulan,” ujar mantan anggota KPU Enrekang ini.   

Sertifikat Akreditasi B

Asram mengatakan, asesor BAN-PT yang melakukan visitasi ke Fakultas Hukum UM Parepare yakni Prof Dr Toto Tohir, SH, MH dan Prof Tri Lisiani Prihatinah, SH, MA, Ph.D. Kegiatan visitasi tersebut dilakukan sejak tanggal 7 hingga 9 Juli 2019 di Kantor Fakultas Hukum UM Parepare.

“Kami dari seluruh civitas akademik program studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare sangat bersyukur atas capain akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi,” ungkap Asram

Ia mengatakan, capaian luar biasa ini karena proses akreditasi yang pertama sejak program studi ini mendapat izin operasional dari pemerintah melalui Kemenristekdikti.

Karena itu, Asram berharap civitas akademik Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare terus bekerja dan mengutamakan kualitas agar ke depan bisa lebih berkembang lagi.

Selain itu, Asram menyampaikan beberapa harapan ke depannya untuk Fakultas Hukum. “Dengan status akreditasi B ini kami harap jumlah mahasiswa barunya tentu semakin bertambah,” ujar Asram

Asram berjanji akan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan Ilmu Hukum.

Asram juga berkomitmen akan membuka kelas khusus. Ia juga optimis mengantarkan Fakultas Hukum dalam jangka 5 tahun ke depan dengan mendapatkan predikat akreditasi A.       

Tak lupa pula, Asram juga mengajak kepada masyarakat untuk mendaftarkan anak-anaknya untuk menjadi mahasiswa Fakultas Hukum UM Parepare.

Beragam ucapan selamat atas perolehan akreditasi B prodi hukum ini dituliskan sejumlah warganet di media sosial Facebook (FB). Akun Asram asram yang merupakan akun FB Dekan Fakultas Hukum banjir like sebanyak 280 dan 88 komentar.

Akun @Yadi Arodhiskara misalnya berkomentar, “Alhamdulillah, saya tahu proses panjang perjuangan teman2 hukum, sebagai satu Tim Pak Dekan membuktikan mampu mengawal Prodi Ilmu Hukum dg baik hingga terakreditasi B meski menghadapi kendala diantarannya tiadanya indikator alumni, sekali lagi selamat Tim Fak. Hukum UMPAR dan sukses selalu.”

Akun lainnya @Ahmad Selao juga menuliskan,”Alhamdulillah…usaha maksimal disertai do’a telah mengantarkan Ilmu Hukum akreditasi B…semoga menjadi motivasi bagi prodi2 berikutnya…selamat P Dekan beserta tim…smg FH melahirkan alumni2 SH pembela kebenaran dan keadilan…Amiin.” (*)

Reporter : Sucipto Al Muhaimin

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda