Begini Pentingnya Menata Lingkungan di Era Industri 4.0

Suasana saat seminar nasional HMJ-Dakom.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Menata Lingkungan di Era Industri 4.0 berbasis SDG’s merupakan kesepakatan global agar kehidupan di bumi dapat berkelanjutan. Pernyataan tersebut diungkapkan Maria M Purbaningrum, Fasilitator Pendidikan Yayasan Benih Matahari saat jadi pemateri Seminar Nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi (HMJ-Dakom), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Silaturahmi dan Menata Lingkungan di Era Industri Milenial 4.0 berbasis SDG’s berlangsung di Aula Serba Guna IAIN Parepare, Kamis (14/11/2019).

Kata Maria, Sustainable Development Goal (SDG’s), atau dalam bahasa Indonesia dikenal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sangat penting untuk menjadi penguatan kearifan lokal atau budaya di Indonesia, karena sudah berprinsip pada keberlanjutan.

“Sehingga ini menjadi acuan bagaimana mengangkat budaya atau kearifan lokal tersebut ke tingkat internasional,” tegasnya.

Namun lanjut Maria, yang menjadi kelemahan, kita butuh memberikan dasar ilmiah bahwa nilai-nilai budaya tersebut untuk bisa diterima.

“Disinilah peran dari teman-teman mahasiswa perguruan tinggi memberikan dasar baru terhadap nilai budaya yang sudah sangat bagus ini melalui dakwah dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia berharap agar para akademisi dapat menyebarkan informasi tersebut.

 “Dengan menyebarkan informasi ini sehingga akan lebih banyak yang pro aktif untuk mendorong pemerintah melakukan yang lebih baik,” harapnya. (*)

Reporter : Hamdan

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda