Begini Cara Pelajar Parepare Lestarikan Budaya Sulsel

Lestarikan tarian
Peserta lomba festival tari yang digelar di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Sabtu (17/2/2018).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Beragam cara dilakukan komunitas memperkenalkan budaya di daerahnya.  Seperti yang dilakukan Sanggar Seni Karaeng Burane SMP Negeri 1 Kota Parepare, dalam kegiatan lomba Festival Tari yang digelar di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare, Sabtu (17/2/2018).

Puluhan peserta dari berbagai sekolah di Kota Parepare mengikuti ajang lomba tersebut dengan menampilkan sejumlah tari tradisional Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar). Festival tari yang dilakukan bertujuan melestarikan budaya Sulsel serta memperkenalkan budaya adat Sulsel seperti seni tari.

tarian
Penari sedang menampilkan kreasinya.
–amir pujo/ pijar–

Ketua Panitia Ihzar Hamsah mengemukakan, kegiatan ini merupakan salah satu promosi daerah dengan mengangkat tema merajut kebersamaan dalam menggali kreatifitas seni dan budaya khususnya kultur yang ada di Sulsel. “Ini adalah salah satu agenda kami di sanggar Seni Karaeng Burane melestarikan budaya Sulsel khususnya Bugis-Makassar,” terang Ihzar saat ditemui di sela kegiatan.

Hal senada juga disampaikan Yusriani Fahri yang baru saja menampilkan tari empat etnis bersama rekannya.  Yusriani mengaku menampilkan tari empat etnis agar generasi muda bisa lebih mengenal budaya di Sulsel. “Kami persembahkan tari empat etnis karena Kota Parepare bermukim empat etnis di antarnya suku Bugis, Makkasar, Toraja, dan Mandar. Ini penting dilestarikan, agar generasi penerus bangsa bisa lebih mengetahui budaya kita di Sulsel,” jelasnya.

Para peserta tampil gemulai dalam menari untuk dipersembahkan pada kegiatan tersebut.  Latihan tari ini disaksikan ratusan warga yang sempat berkunjung di Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare. Tari yang mereka perembahkan seperti Tari Paduppa, Tari Empat Etnis, Tari Kipas, dan beberapa tari khas Sulsel. (amr/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News