Bawaslu Hentikan Penyelidikan Dugaan Pelanggaran Dana Kampanye TP

Bawaslu
Penyidik Sentra Gakkumdu Sulsel, Bripka Rivai (kedua kanan) usai menggelar rapat pembahasan laporan dugaan pelanggaran dana kampanye Taufan Pawe di Bawaslu Sulsel, Rabu 26 September 2018. (FOTO KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM —  Penyidik Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel telah menyelidiki laporan dugaan pelanggaran dana kampanye pasangan calon Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP)- Pangerang Rahim.

Hasilnya, penyidik Gakkumdu Bawaslu Sulsel menyimpulkan bahwa laporan nomor 025 yang diajukan tim Faisal Andi Sapada-Asriady Samad tidak dapat dilanjutkan ke tingkat penyidikan.

Hal itu berdasarkan hasil rapat pembahasan tahap dua yang digelar Sentra Gakkumdu Sulsel, Gakumdu Parepare dan Panwaslu Parepare serta Bawaslu Sulsel.

“Laporan bernomor 025 ini yang merupakan limpahan dari Bawaslu RI, intinya tidak memenuhi unsur persyaratan untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan,” ujar Bripka Rivai, Penyidik Sentra Gakkumdu Sulsel di Kantor Bawaslu Provinsi Sulsel, Rabu 26 September 2018 seperti dilansir media online kabar.news.

Menurut Rivai, unsur-unsur yang disangkakan pelapor sesuai pasal 7 ayat 2 dan pasal 3 ayat 5 PKPU Nomor 5 tahun 2017, tidak memenuhi unsur untuk ditingkatkan ketahap penyidikan. Sebab, lanjut Rivai, tidak cukup bukti berdasarkan keterangan saksi-saksi dan pihak terkait.

“Dari keterangan saksi-saksi dikaitkan dengan bukti-bukti yang dilampirkan pihak pelapor, dan keterangan pihak kpu parepare sebagai lembaga pemberi keterangan, intinya unsur – unsur yang disangkalkan sesuai pasal 74 ayat 5 tidak memenuhi unsur untuk masuk ke penyidikan,” katanya.

“Hasil pembahasan ini akan kita serahkan kepada masing-masing pihak,” tandas penyidik Polda Sulsel ini.

Diketahui, Taufan Pawe (TP) dilaporkan ke Sentra Gakkumdu Sulsel karena diduga melanggar ketentuan jumlah dana kampanye ada Pilwalkot Parepare 2018. (*)

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda