Barru Gelar Petunra Virtual dan Diskusi Publik, Kampanyekan “Kesehatan Pulih, Indonesia Bangkit”

 

BARRU, PIJARNEW.COM–Sosialisasikan penanganan Covid-19 melalui pemulihan kesehatan atau ekonomi nasional oleh Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik (Kominsta), menggelar Pertunjukan Rakyat melalui kesenian tradisional yang dibuka secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru DR Ir. Abustan AB, Sabtu (21/11/2020) di Bola Sobae, Kabupaten Barru.

Acara ini tidak menghadirkan penonton di lokasi pengambilan gambar, namun ditayangkan secara virtual dan live streaming di saluran Komunikasi KPCPEN.

Kegiatan berupa pertunjukan tarian Eppa Teddung dari Sanggar Seni Colli Pujie dan Diskusi Publik mengenai Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menampilkan tiga kepala dinas sebagai narasumber yakni, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik (Kominsta) Kabupaten Barru Syamsuddin, Kepala Dinas Kesehatan dr H. Amis Rivai dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Andi Takdir.

Uniknya, diskusi publik ini dimoderatori oleh Darwis Maeis, yang juga dikenal sebagai Koordinator Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Barru.

Mengawali sambutannya Kepala Dinas Kominsta Syamsuddin menyampaikan terima kasih yang telah berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Kominfo dan kerja sama Pemkab Barru melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statsitik Kabupaten Barru.

Kegiatan ini dalam rangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Sehingga alangkah baiknya semua komponen masyarakat, termasuk para seniman melalui pertujukan rakyat dapat mensosialisasikan penanganan dan cara memutus covid-19 ini”, ajak Syamsuddin.

Sekda Barru, drAbustan AB saat membuka acara ini sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pertunjukan rakyat dalam rangka pemulihan ekonomi dimasa Pandemi Covid 19.

Menurutnya, Covid-19 yang tengah melanda bangsa ini, nyata dan betul adanya, bahkan berdampak hampir ke seluruh sektor kehidupan baik sosial ekonomi dan budaya.

Sekda menjelaskan, sejak bulan Maret 2020 lalu dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, kurang lebih delapan bulan.

“Semoga pertunjukan kesenian rakyat virtual ini, masyarakat bisa bersemangat, terhibur dan bisa kembali memasuki kehidupan era new normal atau tatanan baru,” ujarnya.

Dirinya menambahkan masalah Covid-19 ini masalah yang besar, maka penanganannya tidak akan cukup dari pemerintahan saja akan tetapi melibatkan dukungan seluruh pihak di antaranya masyarakat.

“Alhamdulillah Pemkab Barru selama masa Pandemi Covid-19 melakukan berbagai upaya penanganan Covid 19. Lintas komponen ikut terlibat untuk mengedukasi masyarakat dan hadirnya Satgas, sehingga daerah ini tercatat zona hijau” kata Abustan yang juga Mantan Kadis Pendidikan Barru.

Untuk itu, ia berharap agar semua bisa aman dari pandemi Covid-19 tetapi tetap bisa produktif, sehingga masalah kesehatan dan pemulihan ekonomi bisa sama-sama teratasi.

Pertunjukan Rakyat (PETUNRA) dengan penampilan tarian Eppa Teddung dari Sanggar Colli Pujie dan kegiatan ini mengangkat tema “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit “.

Darwis, moderator dalam acara tersebut, mengatakan bahwa penyediaan vaksin untuk mengatasi penyakit ini ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan, dan Kadis Kominsta lebih pada kerja sama penyebaran informasi khususnya menangkal berita hoax. Kadis UMKM Andi Takdir, menjelaskan berbagai program dan kegiatan dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19. (adv)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

 

 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda