Asuransi Apa Saja yang Dibutuhkan Oleh Karyawan?

Asuransi Apa Saja yang Dibutuhkan Oleh Karyawan?
ilustrasi asuransi keluarga. Gambar: internet

JAKARTA – PIJARNEWS.COM — Asuransi memiliki posisi yang begitu penting dalam perencanaan keuangan karyawan, baik di masa sekarang atau pun di masa depan. Dengan memiliki asuransi, kita memiliki perlindungan dari berbagai macam risiko yang mungkin dihadapi nantinya.

Betul bahwa kita tak dapat menebak apa saja yang mungkin terjadi di kemudian hari. Bila Anda memiliki asuransi, maka Anda bisa lebih tenang. Risiko yang mungkin terjadi akan ditangani oleh asuransi yang Anda ikuti.

Tak heran, jika memiliki asuransi memang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Termasuk bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Sekarang ini, pemerintah sudah mewajibkan karyawan serta pekerja di Indonesia memiliki BPJS.

BPJS dapat melindungi pekerja dari kecelakaan kerja serta memperoleh asuransi hari tua. Walaupun demikian, banyak karyawan yang masih mengambil asuransi swasta agar jaminan yang diperoleh semakin berlapis.

Jika perusahaan sudah memberikan asuransi BPJS, lantas apa saja asuransi lain yang dibutuhkan? Berikut beberapa asuransi yang diperlukan karyawan:

Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan penting dimiliki agar dapat membantu Anda ketika mengalami musibah seperti kecelakaan yang berakibat kematian, luka-luka atau cacat tetap. Bila yang terjadi adalah cacat tetap, tentu saja Anda akan membebani keluarga hingga seumur hidup. Di sini, asuransi kecelakaan mengambil perannya. Asuransi kecelakaan akan membantu melindungi keluarga dari risiko kecelakaan.

Seluruh biaya akan diambil alih oleh perusahaan asuransi. Karena risiko yang disebabkan oleh kecelakaan mirip dengan kematian. Bila Anda ingin membeli polis asuransi kecelakaan, lebih baik samakan preminya dengan asuransi jiwa. Selain itu, sebelum memutuskan pembelian asuransi kecelakaan, bandingkan asuransi yang ingin diikuti sehingga bisa diketahui kelebihannya masing-masing.

Asuransi kesehatan

Siapa yang ingin tiba-tiba jatuh sakit? Sakit bukan hal yang diinginkan dan tidak bisa ditolak. Ketika sakit ringan, dana yang dikeluarkan untuk membiayai obat atau rawat inap mungkin bisa dibayar sendiri. Namun bagaimana jika sakit yang datang merupakan sakit yang serius serta memerlukan operasi, bahkan menginap di rumah sakit sampai berhari-hari?

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang usahakan sudah menyiapkan asuransi. Asuransi akan membantu Anda meringankan biaya yang harus ditanggung. Jangan sampai menunggu sakit terlebih dahulu, baru melakukan pembelian asuransi.

Untuk mempermudah Anda mendapatkan asuransi kesehatan terbaik, jika dibandingkan dengan harus menelepon satu per satu agen asuransi untuk menanyakan premi dan keunggulan yang mereka miliki, Anda bisa melakukan pembelian di Lifepal. Di sini, Anda bisa membandingkan premi serta kelebihan asuransi dengan mudah, sehingga Anda akan memperoleh asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Jiwa

Dari begitu banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan, asuransi jiwa adalah salah satu asuransi yang banyak digunakan masyarakat, terutama bagi yang berprofesi sebagai karyawan. Hal tersebut menunjukkan jika kesadaran yang dimiliki masyarakat, terutama untuk kepentingan keluarga sudah sangat baik.

Asuransi jiwa merupakan layanan yang digunakan sebagai perlindungan timbulnya kerugian finansial karena adanya kematian anggota keluarga, contohnya ketika ayah sebagai penopang nafkah keluarga meninggal dunia. Hal tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi keluarga yang ditinggalkan, karena mereka masih membutuhkan dukungan finansial.

Ketika salah satu keluarga meninggal, terutama yang mengemban tugas sebagai pencari nafkah, dapat dipastikan keuangan keluarga terguncang dalam waktu yang panjang. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, sangat penting memiliki asuransi jiwa.

Beberapa manfaat yang diperoleh dari memiliki asuransi jiwa seperti pikiran menjadi lebih tentram, pendidikan anak akan terjamin, hingga mengantisipasi hal buruk yang dapat datang kapan saja.

Asuransi Pensiun atau Hari Tua

Agar dapat mempersiapkan kebutuhan hari tua, Anda dapat membuat asuransi pensiun sejak dini secara pribadi. Pada dasarnya, tidak semua perusahaan mempunyai program pensiun. Selain memproteksi diri di masa tua, asuransi hari tua ini mengumpulkan dana pensiun untuk menjamin hidup sesudah masa pensiun.

Banyak orang yang sudah masuk usia pensiun masih harus bekerja agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal yang diinginkan adalah menikmati masa tua yang penuh dengan kebahagiaan bersama anak istri.

Jadi, itulah beberapa asuransi yang sebaiknya segera diikuti bagi karyawan. Sekalipun Anda saat ini berusia muda, sangat baik jika mulai merancang dan mempersiapkan segalanya sejak dini. Semakin awal kita mengikuti asuransi, akan makin ringan biaya yang perlu kita keluarkan dan manfaat yang kita peroleh pun lebih maksimal. (adv)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda