Apersi Sulsel Gagas Satu Perumahan Satu Alfamart, Ini Keuntungannya

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sulsel menjajaki kerja sama dengan raksasa waralaba ritel, Afamart. Upaya kerja sama tersebut ditindaklanjuti dengan sebuah pertemuan di Kompleks Alauddin Plaza dan Town House, Jl Sultan Alauddin, Makassar, 21 November 2019.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri puluhan anggota dan pengurus Apersi Sulsel. Sedangkan pihak Alfamart diwakili oleh Franchise Marketing Manager Wilayah Makassar dan Manado, Nanang Eko Prasetyo, Franchise Relation Alfamart Cabang Makassar, Salmon Taba, dan anggota tim lainnya.

Inisiator pertemuan tersebut adalah Ketua Dewan Pertimbangan Apersi Sulsel, H Huswan Husain. Huswan yang juga pemilik sejumlah gerai Alfamart di Sulsel dan Jawa ini, sengaja mengajak para anggota Apersi untuk melirik bisnis lain yang memang sangat dekat dengan core bisnis para pengembang ini.

“Selain keuntungan langsung dari hasil penjualan ritel, pengembang juga akan mendapatkan keuntungan tidak langsung berupa co-branding dengan Alfamart. Kompleks perumahan yang ada Alfamart-nya pasti akan sudah ter-branding bahwa kompleks itu ramai dan layak huni,” kata Huswan yang juga seorang notaris ini.

Dalam pemaparannya, Nanang menjelaskan, ada tiga opsi atau skim dalam bekerja sama dengan Alfamart yang bernaung di badan bawah hukum PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, ini. Pertama, franchise murni. Pada skim ini, mitra (franchisee) yang memiliki properti sepenuhnya. Alfamart hanya mengelola manajemennya. Dengan skim ini, mitra yang berhak atas seluruh hasil usaha tersebut. Pihak Alfamart hanya memperoleh royalti.

Opsi kedua, profit sharing. Skim ini, kedua belah pihak memiliki hak atas properti tempat usaha atau gerai. Keuntungannya dibagi berdasar porsi kepemilikannya. Sedangkan, opsi ketiga adalah penyewaan properti. Dengan sistem sewa ini, pemilik properti hanya mendapatkan sewa dari pihak Alfamart, hasil usaha sepenuhnya milik Alfamart.

Menurut Nanang, potensi pengembangan Alfamart di Sulsel sangat besar. Untuk itu, pihaknya sangat yakin bahwa bermitra dengan para pengembang yang tentu sudah memiliki banyak properti, akan saling menguntungkan. “Ke depannya, kita bisa buat MoU antara Alfamart dan Apersi untuk memudahkan komunikasi dan informasi kedua pihak,” kata Nanang.

Dalam pertemuan tersebut, tampak hadir beberapa anggota Apersi dari daerah seperti Palopo, Sidrap, Pinrang, Parepare, Mamminasata, Jeneponto, dan lainnya.

Di kalangan pengurus Apersi, tampak Sekum H Muh Akbar, Bendahara Umum Sulkifli Isjar, Wakil Ketua Ismail Manda dan Irwan Hasan, anggota Dewan Pertimbangan, HM Rais Nadjamuddin dan Darwis Dg Nai, dan Korwil Mamminasata Muh Basir Bani.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah peserta langsung mendaftar dan segera akan disurvei lokasinya. Bukan saja di wilayah Mamminasata tapi juga dari daerah seperti Ian dari Palopo, H Haerul dari Sidrap, H Syahrir Kanna dan H Halil dari Jeneponto. (rls/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda