APBN Tak Cukup, Proyek Kereta Api Makassar-Pare Segera Dilelang ke Swasta

BARRU, PIJARNEWS.COM — Mega proyek Kereta Api (RKA) Makassar-Parepare akan segera dilelang ke pihak swasta. Hal tersebut akan dilakukan usai pembangunan 47 kilometer relnya rampung tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub RI) Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan RKA di Desa Ajjakkang, Kecamatan Soppeng Riaja. Jumat 27/10.

“Setelah selesai 47 KM, proyek RKA ini akan kita lelang ke pihak swasta. Hal ini kita lakukan karena APBN yang selama ini digunakan tidak cukup membiayai semua, makanya pihak swasta akan dilibatkan,” jelas Budi.

Pelibatan pihak swasta, kata Budi, diharapkan mendukung pemerintah untuk menyelesaikan proyek tersebut. Kerjasama pemerintah dan swasta ini dinamai skema Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

“Hingga saat ini sudah banyak perusahaan swasta yang berminat. Beberapa perusahaan diantaranya, BUMD, perusahaan lokal (Sulsel, red) hingga perusahaan korea yang saat ini intensif melakukan diskusi dengan kita,” ungkapnya.

“Namun lelang ini belum kita buka, karena dokumen tender masih kita siapkan. Meski demikian, kita menargetkan Februari 2018 sudah terlaksana,” tambahnya.

Dengan adanya KPBU, Budi berharap bisa menjadi income bagi pemerintah sementara bagi pihak swasta bisa menguntungkan. Sehingga menjadi kolaborasi yang baik.

“Nilai KPBU itu diperkirakan mencapai Rp.4-5 T. Jumlah tersebut kita harapkan dapat merampungkan proyek RKA dari Makassar hingga Parepare,” harapnya. (fdy/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News