Antisipasi Persoalan Teknis, KPU Parepare Gelar Simulasi Pemilu

PAREPARE,PIJARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, menggelar simulasi tatacara pencoblosan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dihelat pada 17 April 2019 mendatang, kegiatan simulasi ini digelar di Lapangan Binalipu Parepare, Kamis (4/4/2019).

Simulasi tatacara pencoblosan Pemilu ini melibatkan ratusan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dimana dalam simulasi kali ini, KPU Parepare sengaja memunculkan berbagai persoalan teknis yang memungkinkan bisa saja terjadi pada hari H pelaksanaan Pemilu.

Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Kota Parepare, Asrul menjelaskan, diharapkan dalam simulasi ini, dapat memberi pemahaman bagi petugas pemungutan suara.

“Kegiatan ini memberikan pemahaman bagi anggota KPPS tentang situasi yang terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat hari pencoblosan 17 april 2019 mendatang,” jelasnya.

Simulasi dikemas layaknya Pemilu sesungguhnya, dimana dalam skenario menampilkan beberapa Kelompok Pemilih yang diperankan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sebagai pemilih pemula, disabilitas, serta lanjut usia.

Asrul menambahkan, untuk surat suara yang cacat atau rusak ditemukan saat pelaksanaan hari pencoblosan, KPU akan mengganti dengan surat suara baru. Khusus pemilih disabilitas, KPU Parepare, telah menyiapkan alat bantu seperti brailer bagi pemilih tuna netra.

Reporter: Amiruddin Pujo
Editor: Abdillah.ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda