Antisipasi Dampak Covid-19, Baznas Enrekang Siapkan Langkah Strategis

Baharuddin
Baharuddin (Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Baznas Enrekang)

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Berbagai upaya saat ini tengah dilakukan BAZNAS Enrekang, untuk turut serta melakukan upaya penanganan Covid-19. Secara garis besar ada dua hal yang dilakukan BAZNAS Enrekang, Pertama, penanganan preventif atau upaya pencegahan penyebaran covid-19, kedua tentang penanganan dampak Covid-19. Hal itu diungkapkan Baharuddin pimpinan Baznas Enrekang. Selasa (7/4/2020).

Untuk pencegahan, lanjutnya, Baznas Enrekang selama ini sangat aktif, baik bersifat kerjasama maupun secara mandiri, prakarsa pengadaan Bideta, penyemprotan, pengadaan masker dan lainnya.

Selain itu, Baznas Enrekang juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis. Pertama melakukan pemetaan berdasarkan kaji dari Hasil Kajian Pusat kajian strategis Baznas RI.

Kedua, memetakan dampak dengan membagi tiga kelompok rentan, antara lain, pekerja tidak tetap, seperti buruh harian, tukang ojek, pedagang kaki lima di pasar dan kios kecil, dengan beban tanggungan keluarga minimal 4, rumah kontrakan dan penghasilan sangat rendah dibawah UMR.

“Dengan kebijakan pemerintah terkait Covid-19, kelompok masyarakat ini harus dilihat secara menyeluruh, mulai dari aspek pangan, kesehatan, dan pendidikan anak-anaknya,” ujar Baharuddin.

Pada Rapat dengan tim Gugus Tugas (GT), Senin (6/4/2020). Baznas turut memberi tanggapan dan saran, juga sangat mengapresiasi semangat tim untuk melawan Covid-19.

“Kami sangat siap bekerjasama dengan semua pihak maupun bekerja secara mandiri. Anggaran Baznas untuk Covid-19 juga telah kami siapkan dan sangat tentatif sesuai kebutuhan lapangan untuk kegiatan pencegahan maupun penanganan dampak,” tambah wakil ketua bidang pengumpulan ini.

Reporter : Armin

Editor : Muhammad Tohir

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News