Antisipasi Corona, Pegiat Rumah Baca Qalam Parepare Produksi Masker Sendiri

masker
Pembuatan masker yang terbuat dari kain.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Mengantisipasi kebutuhan masker yang kian meningkat dan langka, pegiat literasi Rumah Baca Qalam Parepare memproduksi sendiri masker. Masker berbahan kain tersebut dibuat secara sederhana.

Inisiatif pembuatan masker kain tersebut untuk membantu pemerintah mengatasi penyebaran virus corona atau covid-19.

Burhanuddin Ramli, koordinator pegiat literasi Rumah Baca Qalam mengatakan, masker kain tersebut memang kurang efektif. Namun ia mengatakan, semua jenis masker pada dasarnya tidak efektif. Hanya saja, kelebihan masker kain yakni bisa dicuci.

“Masker yang di produksi rencananya akan kami salurkan kepada masyarakat secara gratis. Untuk pembagiannya, nanti akan disertai edukasi oleh tim distributor. Sebab penggunaan masker kain ini maksimal 4 jam kemudian dicuci,” kata Burhanuddin.

Ia juga mengatakan, selain mengalami kelangkaan, harga masker di pasaran juga kian meningkat. Bahkan sulit diperoleh. Kalau pun ada, harganya cukup melambung.

“Semoga bantuan para donatur untuk pembuatan masker ini bisa membantu mengantisipasi serangan virus corona. Semoga wabah virus corona juga cepat berlalu. Tetap semangat dan jaga kesehatan untuk para pejuang kemanusiaan,” ujar Burhanuddin. (*) 

Reporter : Hamdan

Editor : Alfiansyah Anwar

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News