Akses Jalan Palopo -Toraja Terputus, Warga Diimbau Waspada Dampak Cuaca

PALOPO, PIJARNEWS.COM — Hujan deras yang mengguyur wilayah Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, selama beberapa hari terakhir diduga menjadi penyebab tanah longsor di wilayah itu, Jumat (26/6/2020), sekira pukul 16:00 Wita.

Informasi yang dihimpun PIJARNEWS, pekan lalu telah terjadi longsor di lokasi yang sama. Selain itu, hujan yang mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan tanah yang kurang stabil.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerugian. Sejumlah bangunan terbawa tanah longsor.

Kini akses jalan yang menghubungkan Kota Palopo – Tana Toraja terputus total. Kendaraan dari Tana Toraja dan Kota Palopo harus berputar.

Pengendara yang ingin melintas di jalur Trans Sulawesi di jalur Kota Palopo-Tana Toraja, diimbau menghihdari jalur itu. Jalan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Anthonius, membenarkan terputusnya jalan tersebut. Kini, personel dari BPBD sudah berada di lokasi longsor.

“Iya, baru-baru kejadiannya, jalan ini longsor sehingga memutus jalur Palopo-Torut. Kami imbau pengendara menghindari jalur tersebut,” kata Anthonius.

Menurut Anthonius Dengen, tim BPBD Kota Palopo, sigap menuju lokasi setelah menerima laporan dari warga setempat.

“Anggota langsung meluncur ke lokasi kejadian. Kini anggota sudah ke lokasi kejadian,” kata Anthonius Dengen.

Longsor diduga disebabkan hujan mengguyur daerah itu sejak malam hari, jalan poros Palopo-Toraja Utara ini putus total,” katanya.

Peringatan Dini
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman bmkg.go.id, telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan. BMKG mengimbau warga selalu waspada, potensi hujan sedang-lebat disertai kilat atau guntur dan angin kencang di wilayah Palopo, Belopa, Sengkang, Sidrap, Masamba, Malili, Enrekang.

Sementara itu, gelombang laut diperkirakan 1.25-2.5 meter terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Parepare, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kep. Selayar, Teluk Bone bagian selatan.

Perairan timur Kep. Selayar, Laut Flores bagian utara, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara, dan Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian selatan. (Ern)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News