Ahmad Fauzan, Anak Penjual Beroncong Lolos Kuliah di Mesir Tetapi Terkendala Biaya

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Ahmad Fauzan Syahruddin, siswa berprestasi yang baru lulus dari Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) diterima di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.  Bukan barang mudah melampaui sejumlah tes dan persyaratan untuk bisa kuliah di universitas bergengsi tersebut.

Fauzan yang juga guru mengaji ini tentu gembira atas keberhasilannya. Sayangnya, pencapaian tersebut juga diiringi kesedihan. Sulung dua bersaudara ini tidak memiliki biaya cukup untuk berangkat. Ayahnya, hanya berprofesi sebagai penjual kue Beroncong gerobak. Ibunya pun telah lama menderita sakit di bagian kepala akibat tabrak lari.

“Saya bergembira sekaligus bersedih karena impian saya sejak dulu ingin kuliah di Al Azhar sudah di depan mata, namun di saat yang sama saya juga bersedih karena terhambat biaya pemberkasan dan keberangkatan yang harus saya bayar sebanyak 16 juta rupiah,” urainya, Senin, 2 September 2019. Biaya tersebut dibutuhkan untuk  pemberkasan, tiket, visa, dan lain-lain.

“Biaya ini hanya dibayarkan di tahun pertama. Insya Allah di tahun berikutnya setelah dinyatakan lulus ke tingkat 2 sudah bisa mendapatkan beasiswa dari Universitas Al Azhar,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini orang tuanya sudah tidak mampu untuk membayar biaya kuliahnya. “Ayah saya hanya penjual beroncong keliling, sedang ibu saya sudah lama sakit. Beliau pernah mengalami kecelakan tabrak lari yang membuat ibu sakit dan kehilangan batok kepalanya,” tutur Fauzan.

Oleh karena itu, Fauzan berharap ada donatur yang membantu mewujudkan cita-citanya demi menimba ilmu di negeri seberang.

Sang guru, Syahrir Nuhun juga berharap bantuan bagi siswanya tersebut.

“Insya Allah bantuan yg kita berikan akan menjadi salah satu ladang amal sedekah jariyah bagi kita kelak di akhirat, “katanya.

Sambil menambahkan hadist:

#إن الصدقة لتطفئ عن أهلها حر القبور وإنما يستظل المؤمن يوم القيامة في ظل صدقته

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484).

Bantuan donasi bpk/ibu bisa ditransfer melalui *Rek. BNI* 0843227581
(Ahmad Fauzan)
No HP/WA 085299462131

atau
Bank Muamalat 8100004586 a.n. Syahrir Nuhun. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda