5 Cara Agar Tetap Bugar Dengan Bantuan Teknologi

5 Cara Agar Tetap Bugar Dengan Bantuan Teknologi
Ilustrasi --foto : bestspy.id --

PIJARNEWS.COM — Fisik dan mental adalah hal yang harus dijaga. Tujuannya agar mampu mengerjakan rutinitas kesehariannya dengan baik hingga mampu memperpanjang usia harapan hidup seseorang.

Seiring perkembangan waktu, perkembangan kesehatan akan selalu berbarengan dengan kemajuan teknologi. Keberadaan teknologi dalam bidang kesehatan terlihat pada munculnya sarana dan informasi untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, tak terkecuali untuk membuat tubuh lebih bugar dari sebelumnya.

Sarana dan informasi adalah poin utama cara kerja teknologi dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Masalahnya adalah bagaimana cara atau bentuk yang spesifik untuk mewujudkan tubuh yang bugar dan sehat.

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan menjelaskan 5 cara agar tetap bugar dengan bantuan teknologi yang dapat diketahui secara umum dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah:

1. Dengan Mengikuti Komunitas di Media Sosial
Kebugaran tubuh akan menjadi terbantu jika ikut dalam komunitas di media sosial. Ada banyak pilihan komunitas yang dapat dipilih berdasarkan olahraga jenis apa yang dilakukan seperti olahraga marathon, gym, bersepeda atau kegiatan olahraga lainnya.

Dilansir dari Translational Behavioral Medicine menjelaskan bahwa ada korelasi antara postingan olahraga di komunitas media sosial dengan kebugaran tubuh. Disimpulkan bahwa postingan olahraga memiliki dampak yang positif dan secara signifikan dapat menurunkan berat badan serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Faktor yang mendasari munculnya kebugaran tubuh dari postingan di media sosial adalah karena faktor Positive reinforcement atau penguatan positif, Basic Need of Social Connection atau kebutuhan dasar hubungan sosial, serta akuntabilitas. Media sosial sebagai salah satu bagian dari teknologi dapat memotivasi Anda untuk lebih sehat dan bugar.

2. Aplikasi olahraga yang Sangat Membantu
Orang-orang di masa sekarang tidak bisa lepas dari smartphone mereka. Maka dari itu aplikasi olahraga hadir dalam memberikan pelayanan dalam meningkatkan kebugaran tubuh.

Ada banyak aplikasi yang dapat dipilih berdasarkan fungsinya. Sebagai contoh aplikasi track lari, aplikasi gym dengan pilihan program latihan yang beragam, atau aplikasi bersepeda yang dapat mengukur jarak dan kalori yang berhasil dibakar.

Khusus untuk aplikasi track lari, pastikan Anda memiliki sepatu lari terbaik sehingga Anda dapat dengan aman berlari tanpa mengalami cidera saat berlari. Di samping itu, dengan mengunduh aplikasi olahraga, Anda bisa berolahraga dengan lebih efektif.

3. Berkonsultasi dengan Dokter secara Daring
Teknologi yang hadir untuk membuat tubuh tetap bugar tidak terbatas pada aplikasi pendukung olahraga, namun juga bisa menjadi tempat berkonsultasi dengan dokter pilihan secara online.

Di masa pandemi COVID-19, adalah cukup beresiko bila menghubunginya secara langsung. Keberadaan teknologi melalui tele-konsultasi memungkinkan Anda untuk dapat meminta saran atau mendiagnosa tubuh secara daring.

Tele-konsultasi adalah bagian dari teknologi yang dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

4. Membeli Makanan Sehat secara Online
Keberadaan teknologi juga hadir dalam menyediakan makanan yang sehat. Salah satunya dari aplikasi pengiriman makanan yang sudah dikenal oleh banyak orang.

Mungkin Anda sibuk dengan rutinitas sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak. Dengan membeli makanan yang sehat secara online, Anda dapat memilih makanan yang sesuai dengan asupan gizi perhari. Lebih hebatnya lagi, Anda bisa memilih restoran atau tempat makan yang diinginkan.

5. Berolahraga dengan Bantuan Mesin Teknologi
Selain aplikasi, kini keberadaan teknologi hadir dalam bentuk alat atau mesin kebugaran. Beberapa contohnya adalah stepper fitness atau cross trainer.

Beberapa alat mesin kebugaran sudah semakin canggih berkat adanya fitur menarik, seperti pengukur jarak lari, waktu yang dihabiskan, seberapa besar detak jantung saat berolahraga, dan lain sebagainya.

Dari tips di atas, masih banyak cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan aplikasi pengingat minum, adanya aplikasi pengatur pola makan, munculnya alat elektronik yang membantu membuat makanan dan minuman sehat, dan adanya alat pengukur berat badan.

Di samping itu, kehadiran teknologi juga hadir dengan adanya video tutorial tentang bagaimana cara melatih tubuh, melakukan kegiatan yang baik untuk kesehatan fisik dan mental supaya tubuh tetap bugar dan sehat sepanjang waktu.

Itulah kelima cara agar tetap bugar dengan bantuan teknologi. Disimpulkan bahwa teknologi selalu dalam bentuk barang atau produk yang salah satunya berupa aplikasi. Maka dari itu pilihlah barang atau produk dengan bijak, agar Anda dapat merasakan kebugaran semakin meningkat setelah menggunakannya.(adv)

Artikel : BestSpy.ID

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News