5.300 Media Seluruh Dunia Dapat Pendanaan JERF dari Google News Initiative

5.300 Media Seluruh Dunia Dapat Pendanaan JERF dari Google News Initiative

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Program Google News Initiative bertajuk Journalism Emergency Relief Fund (JERF) menggelontorkan dana besar-besaran bagi media lokal di seluruh dunia pada masa krisis pandemi Covid-19.

Sebagaimana disampaikan oleh Pihak Google melalui tulisan Ludovic Blecher, Head of Google News Initiative Innovation, Kamis (28/5/2020) mengumumkan 5.300 media yang akan mendapatkan pendanaan JERF ini.

Google, sebelumnya, membuka pendaftaran selama lebih dari dua pekan di bulan April lalu dengan pengajuan proposal sebanyak 12.165 aplikasi dari 140 negara. Terdapat 90 persen di antaranya berasal dari media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis.

Selama proses tersebut, tim Google News Initiative melibatkan lebih dari 300 Googlers (sebutan bagi karyawan Google) yang ikut serta dalam seleksi pendaftaran, serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya.

Disebutkan, calon penerima terbanyak ada di kawasan Amerika Utara dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar), kawasan Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar).

Untuk kawasan Asia-Pasifik, dan Indonesia di dalamnya, tidak kurang dari 800 media yang menjadi calon penerima dari 2.000 lebih media yang pendaftar.

Ludovic Blecher mengatakan media skala kecil hingga menengah yang terpilih dalam program ini dinilai sudah memenuhi syarat.

Kriteria pada program ini, yakni; media yang beroperasi secara lokal, media yang melayani komunitas geografis tertentu, dan media yang menggunakan uang untuk dapat melakukan kedua hal tersebut di atas.

Berdasarkan surat pemberitahuan yang diterima dari Google News Initiative team, Pijarnews.com di bawah naungan PT Pijar Media Global adalah salah satu media dengan konten lokal dan regional yang terpilih dan mendapatkan kabar baik tersebut.

Semua media yang terpilih tersebut berhak mendapatkan bantuan dana antara USD 5.000 hingga USD30.000. Untuk beberapa media di bawah naungan satu kelompok usaha, nilai dana darurat ini dibatasi hingga USD 85.000. (*)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News