47 CPNS Ujian Psikotes di IAIN Parepare

Peserta CPNS sebelum melaksanakan ujian psikotes di Perpustakaan IAIN Parepare, Senin 17 Desember 2018.
Peserta CPNS sebelum melaksanakan ujian psikotes di Perpustakaan IAIN Parepare, Senin 17 Desember 2018.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sebanyak 47 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) satuan kerja (Satker) IAIN Parepare mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di lantai 5 Aula Perpustakaan IAIN Parepare, Senin, 17 Desember 2018.

47 peserta tersebut terdiri dari 2 kategori yakni unsur dosen dan tenaga administrasi. Dari unsur tenaga administrasi terbagi lagi yakni ahli komputer dan Humas (Hubungan Masyarakat).

Di hari pertama, para peserta mengikuti ujian tertulis psikotes yang langsung diawasi pengawas dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag-RI). Psikotes ini adalah salah satu bagian sub sistem dari sistem penerimaan CPNS.

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan mengatakan, semua yang telah lulus melalui Computer Assesment Test (CAT) itu dilanjutkan dengan mengikuti psikotes.

“Psikotes ini merupakan salah satu ujian yang turut memberikan kontribusi atas kelulusan. Modelnya psikotes ini secara tertulis jadi soal semua distandarisir dari pusat, pemeriksaannya juga dilakukan di pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut Ahmad menekankan tidak ada kewenangan dalam menentukan nilai peserta.

“Kami disini sama sekali tidak memiliki kewenangan untuk menentukan nilai. Kami hanya sebagai pengelola ruangan saja di dalam kegiatan psikotes ini. Ada dari Kementerian Pusat yang turut mengawasi jalannya psikotes ini,” tambahnya.

Usai mengikuti tes psikotes, para peserta CPNS akan mengikuti tes wawancara dan praktik kerja pada hari berikutnya.

Salah satu peserta ujian, A. Tien Asmara Palintan mengungkap telah menyiapkan berbagai persiapan dalam mengikuti tes SKB ini.

“Saya persiapkan sesuai dengan arahan panitia. Melengkapi berkas  seperti kartu tes, KTP, portofolio dan kelengkapan administrasi  sebagai calon dosen dalam mengajar RPS, SAP, materi power point. Harapannya, semoga lulus dan bisa menebar manfaat untuk kota kelahiran tercinta melalui profesi dosen di IAIN Parepare,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan salah seorang peserta lainnya, Wahyu. Ia mengatakan sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan tes SKB tersebut. “Doakan semoga bisa lulus dalam tahapan ujian ini,” ujar Wahyu. (*/b/hmd/alf) 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News