104 Mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare Ikut Martikulasi. Ini Tujuannya

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Institut Agama Islam Negeri IAIN Parepare kembali melaksanakan Martikulasi Pascasarjana 2018. Kegiatan ini diikuti peserta yang merupakan mahasiswa baru Pascasarjana sebanyak 104 orang dari berbagai jurusan di ruang seminar Pasca Sarjana IAIN Parepare.

Martikulasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebelum dimulainya kegiatan perkuliahan reguler. Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 3 September hingga18 September mendatang.

Salah seorang peserta Martikulasi Irfan Parumpu mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu perkenalan agar dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dalam kuliah Pascasarjana

“Martikulasi belum khusus pada prodi masing-masing karena kita dicampur dari beberapa prodi. Semoga dalam Martikulasi ini kita mampu saling kenal antar mahasiswa baru dan mampu mengetahui apa yang harus di persiapkan dalam pasca sarjana nantinya,” ungkap Irfan, Selasa 4 September 2018.

Selain itu, kata Irfan, martikulasi untuk mengingat kembali bagaimana duduk di bangku perkuliahan sebagai bentuk penyesuaian terutama bagi mahasiswa baru yang memiliki spasi lama setelah menyelesaikan S1.

Sementara, Muhammad Djunaidi selaku Pelaksana tugas (Plt) Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan menjelaskan, di dalam matrikulasi itu mahasiswa akan mendapatkan gambaran secara umum tentang disiplin ilmu yang akan ditekuni dan penyetaraan mata kuliah terhadap mahasiswa baru.

Ia juga menjelaskan beberapa tujuan dilaksanakannya matrikulasi diantaranya, matrikulasi dapat memberi pandangan dan pemahaman yang sama antar mahasiswa baru, memberikan dasar-dasar keilmuan dari sebuah program studi (Prodi), sebagai pertimbangan untuk melanjutkan Prodi tertentu serta membantu mahasiswa dalam memahami kurikulum dari sebuah prodi.
 
“Kita harapkan mahasiswa baru harus aktif dalam pelaksanaan karena memang bagian dari perkuliahan meskipun tidak memiliki SKS (Satuan Kredit Semester) tetapi secara keilmuan harus diikuti,” harap Abdul Rahman K, Ketua Panitia Martikulasi.

Penulis : Hamdan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News